HARGA EMAS / GOLD DUNIA TERTEKAN KARENA KEBIJAKAN DONALD TRUMP

DAFTAR FBS INDONESIA

Penurunan Harga emas  pada perdagangan Rabu atau Kamis waktu waktu Indonesia setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengeluarkan proposal pajaknya.

Harga emas turun juga didukung oleh penguatan nilai dolar dan saham, namun logam mulia ini diperdagangkan menguat di transaksi elektronik.

Mengutip dari sumber Marketwatch, Kamis (27/4/2017), emas untuk pengiriman Juni turun US$ 3 atau 0,2 persen untuk menetap di harga US$ 1.264,2 per ounce. Itu merupakan harga terendah sejak 10 April, menurut Factset Data.


Angka tersebut muncul menyusul Menteri Keuangan AS Steven Munchin dan penasihat ekonomi Gedung Putih Gary Cohn mulai menguraikan rencana soal pajak Presiden Donald Trump. Pada transaksi perdagangan elektronik, hanya berselang setengah jam setelah berita tersebut tersebar, harga emas langsung naik ke level US$ 1.268,9.

Pada konferensi pers Rabu sore, Munchin mengatakan proposal tersebut termasuk pajak badan 15 persen turun dari angka sebelumnya 35 persen.
"Fakta yang tak bisa dihindari adalah jika rencana ini disepakati, akan memeprcepat pertumbuhan ekonomi AS," tutur Brien Lundin, Editor Gold Newsletter.